Sebanyak 300 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengikuti pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), selasa (20/2) di aula kampus setempat.

Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat Drs. Abdullah AR, MA dalam laporannya mengatakan, untuk tahun 2018 ini jumlah mahasiswa yang akan diterjunkan untuk melakukan KPM sebanyak 830 mahasiswa yang dilaksanakan secara bertahap.

“Tahun 2018 ini mahasiswa yang akan ikut KPM berjumlah 830 orang, namun kita terjunkan secara tiga tahap, tahap pertama ini berjumlah 300 mahasiswa” katanya.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA saat membuka acara mengatakan, kedepan IAIN Langsa akan mencoba untuk melakukan KPM di luar negeri.

“Dulu kita mendapatkan undangan dari Thailand tepatnya di Pattani untuk melakukan KPM disana, namun setelah kita diskusi belum memungkinkan untuk dilaksanakan, namun kedepan ini bisa kita sosialisasikan kepada mahasiswa agar mereka dapat berkonsultasi dengan keluarganya untuk KPM di luar negeri” ujarnya.

Zulkarnaini berharap, mahasiswa yang terjun ke tengah masyarakat dapat mengaplikasikan ilmunya baik sesuai dengan profesinya maupaun sesuai dengan keahlian diluar akademiknya.

“Dilokasi KPM mahasiswa secara kreatif membuat program kerja sesuai dengan profesi dan keahlian masing-masing, kita tidak menghalangi mahasiswa melakukan KPM untuk mendemonstrasikan keahlian mereka diluar keahlian akademik” imbuhnya.

Sekretaris LPPM IAIN Langsa Zainal Abidin, MA secara teknis menjelaskan, pelaksanaan pembekalan KPM dilaksanakan selama dua hari, selema mengikuti pembekalan KPM peserta akan dibekali dengan berbagai materi sosial keagamaan.

“Pembekalannya kita laksanakan dua hari, jadi mahasiswa kita berikan materi sosial keagamaan sehingga mereka memiliki kompetensi ketika terjun ke masyarakat” jelasnya.

Zainal juga mengatakan, untuk pelaksanaan KPM tahap pertama ini akan dilaksanakan di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang.

Pembekalan KPM yang mengusung tema “melalui kuliah pengabdian masyarakat, mari kita tumbuhkan sikap solidaritas, spirit keagamaan dan masyarakat madani” ini turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, para dekan, kepala Biro AUAK, Direktur Pascasarjana dan Wakil Dekan dilingkungan IAIN Langsa